Laman

Kamis, 01 Desember 2011

Digital Music

Oke every body, this first post in December Yeah i love December !!
Today i will tell you about Digital Music. You know what digital music ? Oke, let me explain about Digital  Music whit Indonesian language. Hehe
Digital Music yang diambil dari kata Digital yaitu peralatan canggih yang kita gunakan untuk membuat suatu bentuk visual atau bentuk data, dan Music adalah bunyi yang membuat kesan berbeda seperti menyenagkan, haru dan semangat yang diterima oleh kita. Jadi Digital Music adalah  reproduksi suara dari sinyal digital yang telah dirobah keasalnya menjadi sinyal analog, perekaman suara digital dengan cara pengkodean angka biner hasil dari perobahan sinyal suara analog dengan bantuan frekwensi sampling.

Banyak bentuk atau format yang dihasilkan oleh digital music, seperti format mp3, wav, wma, dll. Bentuk yang dihasilkan dari digital music juga bermacam-macam, ada dalam bentuk CD, DVD, Mp3 player, DAT(Digital Audio Tape), dan masih banyak lagi.
Pembuatan Digital Music ini pun perlu banyak perlengkapan software seperti MIDI (Musical Instrument Digital Interface), Melodyne, Vocaloid, dan lain sebagainya.

Pertama saya akan menjelaskan  format-format data yang dihasilkan dari pembuatan Digital Music ini, dimulai dari :


  • MP3
Mp3 merupakan format paling populer dalam musik digital saat ini. Hal ini dikarenakan ukuran filenya yang kecil dengan kualitas yang tidak kalah dengan CD audio. Format ini dikembangkan dan dipatenkan oleh Fraunhofer Institute. Dengan bitrate 128 kbps, file MP3 sudah berkualitas baik. Namun MP3 Pro-format penerus MP3-menawarkan kualitas yang sama dengan bitrate setengah dari MP3. MP3 Pro kompatibel dengan MP3. Pemutar MP3 dapat memainkan file MP3 Pro-namun kualitas suaranya tidak sebagus peranti yang mendukung MP3 Pro.
  • WAV
WAV merupakan standar suara de-facto di Windows. Awalnya hasil ripping dari CD direkam dalam format ini sebelum dikonversi ke format lain. Namun sekarang tahap ini sering dilewati karena file dalam format ini biasanya tidak dikompresi dan karenanya berukuran besar.
  •  WMA
Format yang ditawarkan Microsoft, Windows Media Audio (WMA) ini disukai para vendor musik online karena dukungannya terhadap Digital Rights Management (DRM). DRM adalah fitur untuk mencegah pembajakan musik, hal yang sangat ditakuti oleh studio musik saat ini. Kelebihan WMA lainnya adalah kualitas musik yang lebih baik daripada MP3 maupun AAC. Format ini cukup populer dan didukung oleh peranti lunak dan peranti keras terbaru pada umumnya.

Setelah kita tau bentuk-bentuk dari format digital music mari kita masuk ke bagian kedua, yaitu bagian software-software pendukung dalam membuat digital music.
  • MIDI
Adalah sebuah standar hardware dan software internasional untuk saling bertukar data di antara perangkat musik elektronik dan komputer dari merek yang berbeda. Walaupun suara yang dihasilkan terdengar mekanis (kurang unsur humanis) namun kita bisa memainkan musik dalam format band dengan hanya seorang diri (one man band). Manfaat teknologi ini biasanya kita nikmati dalam pertunjukan organ tunggal yang  ada dalam acara kawinan, sunatan ataupun tujuh belasan. Versi mutakhir dari MIDI yang sedang digemari oleh ilustrator musik film ialah software Reason.
  • Melodyne
Software yang sangat revolusioner ini menyempurnakan software pengoreksi pitch yang sudah muncul lebih dulu. Seperti Auto-Tune contohnya. Melodyne mampu mengoreksi nada not per not (bahkan ketika anda sedang merekam chord), mendesain ulang vokal yang sudah di rekam, membuat vokal latar dengan satu suara ataupun paduan suara.
  • Vocaloid
Yamaha mendesain software ini sejak tahun 2000 dan mulai diperdengarkan ke publik pada tahun 2003. Singing synthesizer ini pun akhirnya digunakan dengan cara menuliskan not pada multi track, lalu baru pada setiap not tersebut dituliskan lirik.
Secara otomatis, vocaloid pun akan langsung menyanyikan lirik lagu tersebut. Apabila terdengar terlalu robotik, ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan untuk mengedit agar suara tersebut makin mendekati natural.

Demikian sekilas pengetahuan dan sedikit penjelasan tentang Digital Music, dilihat dari format-format digital music dan software-software pendukung untuk membuat karya digital music. Mohon maaf apabila ada kekurangan, demikian dari saya Terimakasih bagi para pembaca blog saya.



 Sumber