Laman

Rabu, 05 Januari 2011

HTML (HyperText Markup Language)

Baik, saya akan ngeblog lagi. Kali ini saya akan memberikan sekedar informasi, semoga berguna da bermanfaat bagi yang melihat, membaca, dan membutuhkannya.


Langsungsaja, kali ini saya akan membahas tentang HTML. Apa itu HTML ?


HTML atau kepanjangannya HyperText Markup Language adalah sebuah bahasa makrup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Menampilkan informasi dalam sebuah penjelajahan web internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII (American Standard Code for Information Interchange) agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Jadi, berkas yang dibuat pada software pengolah kata dan disimpan pada format ASCII normal sehingga menjadi Home Page dan menjadi perintah-perintah HTML.

Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

Bentuk dari HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan penjelajah web untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. File yang berbentuk data HTML dapat dibuka dengan menggunakan penjelajah web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. Dengan menggunakan perintah-perintah HTML memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas-tugas berikut:

  1. Menentukan ukuran dan alur tulisan.
  2. Mengintegerasikan gambar dengan tulisan.
  3. Membuat Pranala.
  4. Mengintegerasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup.
  5. Membuat form interaktif.
    HTML dokumen mirip dengan dokumen tulisan biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai contoh jika ingin membuat tulisan ditampilkan menjadi tebal seperti: TAMPIL TEBAL, maka penulisannya dilakukan dengan cara: <b>TAMPIL TEBAL</b>. Tanda <b> digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal, diikuti oleh tulisan yang ingin ditebalkan, dan diakhiri dengan tanda </b> untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut. HTML lebih menekankan pada penggambaran komponen-komponen struktur dan formating di dalam halaman web daripada menentukan penampilannya.

    <!DOCTYPE html>
    <html>
      <head>
        <title>'''Halo''' HTML</title>
      </head>
      <body>
        <p>Nama saya Wayan!</p>
      </body>
    </html>
    Contoh dokumen sederhana HTML 
    Demikian informasi dari saya semoga berguna bagi pembaca Blog saya dan semoga bermanfaat. Mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan.

    Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Hypertext_markup_language